L-Glutamine

Betain-Glutamin

Apa itu L-Glutamine? L-Glutamine merupakan asam amino yang paling umum ditemukan pada otot Anda – lebih dari 61% dari otot rangka adalah glutamine. Glutamine terdiri dari 19% nitrogen, yang berfungsi untuk mengantarkan nitrogen ke dalam sel otot Anda.

Selama latihan intensif, kadar Glutamine dalam tubuh bisa akan habis, yang menyebabkan kekuatan, stamina dan pemulihan menurun. Proses pengembalian sampai kadar L-Glutamine dalam tubuh kembali normal bisa memakan waktu hingga 6 hari – dan Glutamin memainkan peran kunci dalam sintesis protein. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplementasi L-Glutamine dapat meminimalkan kerusakan otot dan meningkatkan metabolisme protein.

L-Glutamine penting untuk menghilangkan amonia berlebih (produk limbah umum dalam tubuh). Hal ini juga membantu fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dan mungkin diperlukan untuk fungsi otak normal dan pencernaan.

Tubuh sendiri sudah sebenarnya memproduksi L-Glutamine dan disimpan didalam paru-paru dan otot serta kita bisa mendapatkannya dalam asupan makanan. Namun biasanya ketika kita mengalami kondisi medis seperti luka, sehabis operasi, infeksi dan stress berkepanjangan biasanya hal itu akan menurunkan kadar Glutamine dalam tubuh, itu sebabnya kita dianjurkan mengkonsumsi suplemen L-Glutamine tambahan.

Kita bisa mendapatkan sumber L-Glutamine pada makanan seperti pada protein nabati dan hewani seperti daging sapi, daging babi, unggas, susu, yogurt, keju ricotta, keju cottage, bayam mentah, peterseli baku, dan kubis.