L-Glutamic Acid

L-Glutamic-acid-3D-balls

Apa itu L-Glutamic Acid? menurut wikipedia pengertian L-Glutamic Acid atau biasa disebut Asam glutamat termasuk asam amino yang bermuatan (polar) bersama-sama dengan asam aspartat. Ini terlihat dari titik isoelektriknya yang rendah, yang menandakan ia sangat mudah menangkap elektron (bersifat asam menurut Lewis).

Asam glutamat dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia sehingga tidak tergolong esensial. Saat pertama kali diketemukan pada tahun 1970, asam glutamat dan beberapa asam amino lainnya dianggap sebagai neurotoksin, ketika senyawa diberikan sebagai asupan melalui mulut kepada model hewan yang belum dewasa. Degenerasi neuron akut ditemukan pada area yang tidak terlindungi oleh sawar darah otak, terutama pada area nukleus arsuat pada hipotalamus.[1]

Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia. Sifat ini dimanfaatkan dalam industri penyedap. Garam turunan dari asam glutamat, yang dikenal sebagai mononatrium glutamat ( dikenal juga sebagai monosodium glutamat, MSG, vetsin atau micin), sangat dikenal dalam dunia boga Indonesia maupun Asia Timur lainnya sebagai penyedap masakan.

Author: Dexno

Dexno, seorang programmer, system administrator, pelaku di bidang search engine optimization (SEO) yang sekarang ini antusias untuk bergerak di bidang kesehatan, fitness dan nutrisi karena selama berkecimpung di dunia komputer lebih dari 10 tahun ini sangat melupakan yang namanya kesehatan, untuk itulah sekarang ini dexno lebih aktif memberikan dan menyebarkan informasi mengenai kesehatan dan kebugaran yang sebagian besar berasal dari pengalaman pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *