L-Alanine

L-Alanine
L-Alanine

 

Menurut pengertian yang saya kutip dari Wikipedia, L-Alanine adalah salah satu asam amino bukan esensial. Bentuk yang umum di alam adalah L-alanin (S-alanin) meskipun terdapat pula bentuk D-alanin (R-alanin) pada dinding sel bakteri dan sejumlah antibiotika. L-alanin merupakan asam amino proteinogenik yang paling banyak dipakai dalam protein setelah leusin (7,8% dari struktur primer dari 1.150 contoh protein).

Alanina biasanya dibuat melalui transfer satu gugus amina ke asam piruvat. Reaksi transaminasi bersifat reversibel (dapat-balik) sehingga alanina mudah dibuat dari piruvat dan berhubungan erat dengan jalur metabolik utama seperti jalur glikolisis, glukoneogenesis, dan daur sitrat.

Fungsi dan peran dari L-Alanine adalah sebagai Gugus metil pada alanina sangat tidak reaktif sehingga jarang terlibat langsung dalam fungsi protein (enzim). Alanina dapat berperan dalam pengenalan substrat atau spesifisitas, khususnya dalam interaksi dengan atom nonreaktif seperti karbon. Dalam proses pembentukan glukosa dari protein, alanina berperan dalam daur alanina.

L-Alanine terdapat didalam sumber makanan yaitu di setiap bahan pangan yang kaya protein seperti daging, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan.

Author: Dexno

Dexno, seorang programmer, system administrator, pelaku di bidang search engine optimization (SEO) yang sekarang ini antusias untuk bergerak di bidang kesehatan, fitness dan nutrisi karena selama berkecimpung di dunia komputer lebih dari 10 tahun ini sangat melupakan yang namanya kesehatan, untuk itulah sekarang ini dexno lebih aktif memberikan dan menyebarkan informasi mengenai kesehatan dan kebugaran yang sebagian besar berasal dari pengalaman pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *