Cable Crossover : Petunjuk dan Cara Latihan

cable cross excercise

cable cross excercise

Latihan dengan metode cable crossover ini biasanya dilakukan paling akhir dari variasi latihan untuk pembentukan otot dada dengan menggunakan alat dengan beban yang di tarik dengan kabel.

Adapun beberapa tips dan tehnik serta cara dalam sesi latihan dengan cable crossover ini antara lain:

  • Gunakan beban ringan-sedang – Jangan pernah menggunakan beban berat dalam sesi latihan ini, karena jika anda melakukan posisi dengan benar pada sesi latihan cable cross over ini beban ringan bahkan sedang akan sangat terasa ketika dilakukan.
  • Lakukan gerakan secara penuh – Jangan lakukan gerakan dengan cable cross over ini dengan setengah-setengah atau hasilnya tidak akan maksimal, itu sebab kita tidak akan bisa melakukan gerakan ini dengan benar jikamenggunakan beban berat. Kalau gerakan kita sudah benar maka kontraksi otot fiber pada dada akan sangat terasa sekali ketika anda menyatukan tangan anda.
  • Lakukan secara perlahan dan terkontrol – Jika anda ingin hasil maksimal, anda harus melakukan latihan ini secara perlahan dan rasakan otot-oto anda terasa “terbakar” dari dalam dan tekanan otot akan lebih terasa dibandingkan anda melakukan gerakan ini dengan tergesa-gesa namun hasilnya tidak maksimal.
  • Posisi Bahu tetap di belakang – Dikarenakan gerakan ini terfokus untuk pembentukan otot dada, untuk hasil maksimal posisi yang benar dalam latihan cable crossover ini adalah, pundak tetap di tekuk kebelakang begitu pula dengan punggung ditekuk, dada di condongkan kedepan, jadi nanti yang bergerak adalah lengan saja dan bahu kita tidak akan ikut bergerak. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah melatih dengan beban berat yang akhirnya posisi latihan¬† pun menjadi tidak benar karena dengan beban berat, posisi bahu tidak akan bisa di tekuk kebelakang melainkan ikut ketarik kedepan karena untuk membantu menarik kabel kedepan. hasilnya? latihan yang sia-sia!
  • Luruskan lengan dan tangan – Ketika melakukan latihan cable cross over jenis flies, antara lengan dan tangan tidak terdapat kemiringan atau bisa dikatakan posisi siku lurus, berbeda dengan misalnya kita melatih jenis latihan cable press crossover, posisi lengan menyiku sama seperti latihan bench press. Selalu gunakan beban ringan-sedang yang memungkinkan anda ketika melatih latihan cable flies cross over ini posisi lengan anda selalu lurus.

Cable Crossover

Jenis variasi latihan cable crossover ini ada 3 jenis antara lain : high, medium dan low.  Tiap variasi jelas memiliki tujuan otot dada yang berbeda. Jenis posisi High untuk otot dada atas (upper chest), posisi medium untuk jenis otot dada bagian tengah dan posisi low untuk membentuk definisi otot bagian bawa serta samping, tiap posisi sangat berpengaruh terhadap perkembangan otot dada anda, jadi sebisa mungkin lakukan semua variasi dengan terpisah (jangan di gabung) tiap set nya untuk hasil maksimal.

Selamat Latihan!

Author: Dexno

Dexno, seorang programmer, system administrator, pelaku di bidang search engine optimization (SEO) yang sekarang ini antusias untuk bergerak di bidang kesehatan, fitness dan nutrisi karena selama berkecimpung di dunia komputer lebih dari 10 tahun ini sangat melupakan yang namanya kesehatan, untuk itulah sekarang ini dexno lebih aktif memberikan dan menyebarkan informasi mengenai kesehatan dan kebugaran yang sebagian besar berasal dari pengalaman pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *